Pelayanan Poli TB

ALUR PELAYANAN POLI TB

STANDAR PELAYANAN POLI TB

 

No.

KOMPONEN

URAIAN

 

1

Produk Pelayanan

Konsultasi

Pengobatan

Tindak Lanjut

Rujukan

 

 

 

2

 

 

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu identitas : KTP/ KK/ KIA bagi pasien baru
  2. Kartu berobat bagi pasien yang telah terdaftar
  3. Pasien Jaminan Kesehatan : membawa Kartu Jaminan Kesehatan yang berlaku : BPJS/KIS/JAMKESDA
  4. Kartu rujukan internal dari ruang pelayanan

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

  1. Petugas    menyiapkan    rekam    medik    pasien sebelum pelayanan.
  2. Petugas melakukan identifikasi pasien.
  3. Petugas melakukan konsultasi.
  4. Petugas    melakukan    rujukan    internal    untuk pemeriksaan laboratorim jika dibutuhkan.
  5. Petugas memberikan terapi ( obat ) atau pasien dirujuk.

 

 

4

 

Jangka waktu penyelesaian

10-15 menit tertantung jenis pelayanan yang dilakukan

 

5

Biaya/ tarif

Gratis

 

 

 

 

6

 

 

 

Penanganan keluhan, saran, dan masukan

SMS                  : 085365789980

WA                   : 085640641066

      Kotak saran

Pusat Informasi  

Facebook           : Puskesmas Kubang Jaya

Email : pkmshdua@gmail.com

7

Dasar Hukum

  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik;
  5. Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat;

 

8

Sarana, Prasarana dan

/ fasilitas

  1. Alat pengukur berat/tinggi badan dan alat medis lainnya
  2. Alat Peraga
  3. Buku rekam medis dan ATK lainnya
  4. Ruangan ber AC

 

9

Kompetensi Pelaksana

Perawat/Dokter :

 

  • Mampu melakukan konseling TB
  • Memahami TB-DOTS
  • Mampu melakukan PMO
  • Pencatatan dan pelaporan
  • Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu
  • Memahami dan memberikan pelayanan prima

 

10

Pengawasan Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

 

11

Jumlah

Pelaksana

2 orang

 

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

 

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

 

14

Evaluasi Kerja Pelayanan

  1. Evaluasi dan pengawasan terhadap kegiatan dilakukan setiap jika terjadi kesalahan dan perubahan atas peraturan pelaksana
  2. Evaluasi melalui Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) setiap bulan