Pelayanan Pendaftaran

ALUR PELAYANAN PENDAFTARAN

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN

 

No.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk Pelayanan

  1. Pelayanan pendaftaran pasien
  2. Pelayanan Rekam Medis pasien

 

2.

 

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu identitas: KTP/ KK/ KIA bagi pasien baru
  2. Kartu berobat bagi pasien yang telah terdaftar
  3. Pasien Jaminan Kesehatan : membawa Kartu Jaminan Kesehatan yang berlaku : BPJS/KIS/JAMKESDA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

  1. Petugas meminta pasien prioritas ( lansia, bayi imunisasi, dan disabilitas ) mengambil nomor antrian di loket prioritas.
  2. Petugas meminta pasien umum (pasien diluar kriteria prioritas) mengambil nomor antrian di loket prioritas

Bagi pasien baru :

  1. Petugas memanggil pasien berdasarkan nomor antrian, dan langsung melakukan pengecekan di p-care apabila pasien sudah mendaftar secara online.
  2. Petugas melakukan identifikasi kelengkapan syarat pendaftaran.
  3. Petugas meng-entry data pasien ke aplikasi sikda generik dan/ p-care.
  4. Petugas membuat rekam medik baru.
  5. Petugas menulis data pasien ke buku register pendaftaran.
  6. Petugas menyiapkan rekam medik pasien untuk diambil oleh masing-masing petugas ruang pelayanan.

 

 

Bagi pasien lama :

  1. Petugas memanggil pasien berdasarkan nomor antrian, dan langsung melakukan pengecekan di p-care apabila pasien sudah mendaftar secara online.
  2. Petugas melakukan identifikasi kelengkapan syarat pendaftaran.
  3. Petugas melakukan pengecekan pada aplikasi Sikda apabila kartu berobat pasien hilang.
  4. Petugas meng-entry data pasien ke aplikasi sikda generic dan/ p-care.
  5. Petugas menyiapkan rekam medis pasien untuk diambil oleh masing-masing petugas ruang pelayanan.

4.

Jangka waktu penyelesaian

Pasien baru:     5 menit Pasien lama:      2 menit

 

5.

 

Biaya/ tarif

Pasien KTP Kampar dan BPJS Gratis

Pasien Luar Wilayah Kabupaten Kampar Sesuai Perda Kabupaten Kampar No 7 Tahun 2012

 

 

 

 

6.

 

 

Penanganan keluhan, saran, dan masukan

SMS                  : 085365789980

WA                   : 085640641066

      Kotak saran

Pusat Informasi  

Facebook           : Puskesmas Kubang Jaya

Email                 : pkmshdua@gmail.com

7.

Dasar Hukum

  1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;
  2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik;
  3. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 128 tahun 2004 tentang Kebijakan Dasar Puskesmas;
  4. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 29 tahun 2009, tentang Praktik Kedokteran;
  5. Undang-Undang  Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan;
  6. Permenkes No.34 Th 2022 Tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi

8.

Sarana Prasarana / Fasilitas

  1. Sumbar Data Manusia (SDM) Aparatur
  2. Komputer dan internet
  3. Printer
  4. Ruang tunggu
  5. Ruang Arsip RM

9.

Kompetensi Pelaksana

  1. Diploma, sarjana
  2. Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Mampu mengoperasikan computer
  4. Mampu bekerja dalam tim
  5. Ketelitian dan kedisiplinan
  6. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik

10.

Pengawasan Internal

  1. Dilakukan oleh atasan langsung
  2. Dilaksanakan secara kontinu
  3. Konsisten dalam memberikan teguran dan sanksi
  4. Hubungan kerja yang baik secara vektikal maupun horizontal
  5. Sarana pengaduan yang disediakan

11

Jumlah Pelaksana

 4 Orang

12

Jaminan Pelayanan

 Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan Dan Keselamatan Pelayanan

 Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kerja Pelayanan

  1. Evaluasi dan pengawasan terhadap kegiatan dilakukan setiap jika terjadi kesalahan dan perubahan atas peraturan pelaksana
  2. Evaluasi melalui Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) setiap bulan

 

 

No.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk Pelayanan

  1. Pelayanan pendaftaran pasien
  2. Pelayanan Rekam Medis pasien

 

2.

 

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu identitas: KTP/ KK/ KIA bagi pasien baru
  2. Kartu berobat bagi pasien yang telah terdaftar
  3. Pasien Jaminan Kesehatan : membawa Kartu Jaminan Kesehatan yang berlaku : BPJS/KIS/JAMKESDA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

  1. Petugas meminta pasien prioritas ( lansia, bayi imunisasi, dan disabilitas ) mengambil nomor antrian di loket prioritas.
  2. Petugas meminta pasien umum (pasien diluar kriteria prioritas) mengambil nomor antrian di loket prioritas

Bagi pasien baru :

  1. Petugas memanggil pasien berdasarkan nomor antrian, dan langsung melakukan pengecekan di p-care apabila pasien sudah mendaftar secara online.
  2. Petugas melakukan identifikasi kelengkapan syarat pendaftaran.
  3. Petugas meng-entry data pasien ke aplikasi sikda generik dan/ p-care.
  4. Petugas membuat rekam medik baru.
  5. Petugas menulis data pasien ke buku register pendaftaran.
  6. Petugas menyiapkan rekam medik pasien untuk diambil oleh masing-masing petugas ruang pelayanan.

 

 

Bagi pasien lama :

  1. Petugas memanggil pasien berdasarkan nomor antrian, dan langsung melakukan pengecekan di p-care apabila pasien sudah mendaftar secara online.
  2. Petugas melakukan identifikasi kelengkapan syarat pendaftaran.
  3. Petugas melakukan pengecekan pada aplikasi Sikda apabila kartu berobat pasien hilang.
  4. Petugas meng-entry data pasien ke aplikasi sikda generic dan/ p-care.
  5. Petugas menyiapkan rekam medis pasien untuk diambil oleh masing-masing petugas ruang pelayanan.

4.

Jangka waktu penyelesaian

Pasien baru:     5 menit Pasien lama:     2 menit

 

5.

 

Biaya/ tarif

Pasien KTP Kampar dan BPJS Gratis

Pasien Luar Wilayah Kabupaten Kampar Sesuai Perda Kabupaten Kampar No 7 Tahun 2012

 

 

 

6.

 

 

Penanganan keluhan, saran, dan masukan

SMS                  : 085365789980

WA                   : 085640641066

Kotak saran

Pusat Informasi  

Facebook           : Puskesmas Kubang Jaya

Email                 : pkmshdua@gmail.com