Pelayanan Poli KIA/KB

ALUR PELAYANAN POLI KIA / KB

STANDAR PELAYANAN POLI KIA/KB

No.

KOMPONEN

URAIAN

1

Produk Pelayanan

Pemeriksaan Ibu Hamil

Pemeriksaan Ibu Nifas

Pelayanan KB (Kesehatan Reproduksi)

Pemeriksaan Anak

Imunisasi Caten

Rujukan

Pemeriksaan IVA Test

Konseling

 

2

 

Persyaratan Pelayanan

  1. Kartu identitas : KTP/ KK/ KIA bagi pasien baru
  2. Kartu berobat bagi pasien yang telah terdaftar
  3. Pasien Jaminan Kesehatan : membawa Kartu Jaminan Kesehatan yang berlaku : BPJS/KIS/JAMKESDA
  4. Kartu rujukan internal dari ruang pelayanan

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

  1. Petugas memangil pasien sesuai nomor antrian
  2. Petugas melakukan identifikasi pasien
  3. Petugas melakukan konsultasi/ pemeriksaan/ tindakan
  4. Petugas melakukan rujukan internal untuk pemeriksaan laboratorium atau untuk konsultasi antar ruang pelayanan jika dibutuhkan
  5. Petugas memberikan terapi (resep obat), atau rujukan pasien jika dibutuhkan

 

4

 

Jangka waktu penyelesaian

15-45 menit perpasien tergantung jenis pelayanan yang dilakukan

 

5

 

Biaya/ tarif

Pasien KTP Kampar dan BPJS Gratis

Pasien Luar Wilayah Kabupaten Kampar Sesuai Perda Kabupaten Kampar No 7 Tahun 2012

 

 

 

 

6

 

 

 

Penanganan keluhan, saran, dan masukan

SMS                  : 085365789980

WA                   : 085640641066

      Kotak saran

Pusat Informasi  

Facebook           : Puskesmas Kubang Jaya

Email                 : pkmshdua@gmail.com

7.

Dasar Hukum

  1. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 128 tahun 2004 tentang Kebijakan Dasar Puskesmas;
  2. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 29 tahun 2009, tentang Praktik Kedokteran;
  3. Undang-Undang  Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan;
  4. Permenkes No.34 Th 2022 Tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi

8.

Sarana Prasarana / Fasilitas

  1. Komputer dan sistem aplikasi Epusk
  2. Alat tensimeter, stetoskop, alat pengukur berat/tinggi badan dan alat medis lainnya
  3. Alat Peraga dan Bed pasien
  4. Buku rekam medis dan ATK lainnya
  5. Ruangan ber AC

9.

Kompetensi Pelaksana

Bidan :

 

  1. Mampu membuat perencanaan dan melaksanakan pelayanan kebidanan : anamnesa, pemeriksaan, rujukan kasus, konseling dan terapi pada ibu hamil, bulin, bufas, bayi dan anak balita
  2. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi asuhan kebidanan
  3. Mampu melakukan pelayanan KB
  4. Mampu melakukan KIE pada bumil, bufas, remaja, ibu bayi dan balita, WUS, PUS
  5. Mampu melakukan tindik bayi perempuan
  6. MTBS
  7. Mampu melakukan pelacakan kasus bayi BBLR, kematian bayi, ibu dan persalinan, Bumil Resti
  8. Mampu melakukan imunisasi dan penanggulangan KIPPI
  9. Mampu melakukan dokumentasi kebidanan
  10. Melakukan sterilisasi
  11. Mengajar Kelas Ibu dan Balita
  12. Mampu mengoperasikan Epusk
  13. Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu

10.

Pengawasan Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

11

Jumlah Pelaksana

 5 Orang

12

Jaminan Pelayanan

 Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan Dan Keselamatan Pelayanan

 Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kerja Pelayanan

  1. Evaluasi dan pengawasan terhadap kegiatan dilakukan setiap jika terjadi kesalahan dan perubahan atas peraturan pelaksana
  2. Evaluasi melalui Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) setiap bulan